Program Pascasarjana Magister hukum dalam rangka mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi serta program pengabdian kepada masyarakat, dan untuk mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, dan riset yang dimiliki ke dalam konteks kehidupan nyata guna memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Program Pascasarjana Magister Hukum Uniska MAB Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional, Dalam era globalisasi yang semakin berkembang, penting bagi individu dan lembaga untuk memahami tanggung jawab mereka terhadap masyarakat internasional. Pengabdian kepada masyarakat internasional yang berjudul ”PENYULUHAN TENTANG REGULASI KERJASAMA INTERNASIONAL UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDONESIA”

Dalam upaya untuk memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri maupun masyarakat lokal, penyuluhan tentang regulasi kerjasama internasional menjadi kunci dalam memperluas wawasan dan peluang bagi para pelaku UMKM. Tujuan utama penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pemilik UMKM, tentang regulasi-regulasi yang berlaku dalam kerjasama internasional, serta manfaat yang dapat diperoleh dari keterlibatan aktif dalam jaringan kerjasama global.

memberikan informasi yang jelas dan terperinci mengenai berbagai regulasi yang berkaitan dengan kerjasama internasional, termasuk perjanjian perdagangan bebas, aturan tentang ekspor dan impor, serta prosedur pengiriman barang ke luar negeri. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang regulasi-regulasi ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat mengidentifikasi peluang-peluang baru untuk mengembangkan bisnis mereka di pasar internasional.

Selain itu, penyuluhan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM dalam memahami perbedaan budaya, kebijakan, dan praktik bisnis antar negara. Dengan pemahaman yang lebih luas tentang dinamika kerjasama internasional, diharapkan para pelaku UMKM dapat mengelola hubungan bisnis lintas batas dengan lebih efektif dan mengoptimalkan potensi pasar global.

”Dr., H. Hidayatullah., S.H.I., M.H, Ketua Program studi Magister Hukum, kami berharap dapat membantu UMKM Indonesia untuk menjadi lebih kompetitif di pasar global, meningkatkan daya saing produk lokal, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di tingkat internasional.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *